Asuhan Keperawatan Kanker Serviks

Kanker servik terjadi paling umum pada usia antara 30 dan 45 tahun, tetapi dapat terjadi pada usia semuda 18 tahun. Aktivitas seksual mempunyai hubungan dengan insiden : sebelum usia 25 tahun, lebih prevalen pada mereka yang mempunyai padangan seksual multipel dan beberapa kehamilan dini. Penelitian menunjukkan bahwa kanker tipe ini adalah PHS. Kanker servikal invasif  telah terindentifikasi sebagai kondisi penentuan HIV.

1_Kanker_Serviks

Sebagian besar kanker serviks dimulai pada lapisan sel-sel seviks. Sel-sel in tidak tiba-tiba berubah menjadi kanker. Sel-sel normal serviks karena pengaruh zat karsinogen (zat yang dapat menyebabkan kanker) dapat berkembang secara bertahap menjadi sel pra kanker dan kemudian berubah menjadi sel kanker.

Dokter menggunakan beberapa istilah untuk menggambarkan perubahan pra kanker, yaitu cervical intraepithelial neoplasia (CIN) atau squamous intraepithelial lesion (SIL) dan displasia atau Neoplasia Intraepitel Serviks (NIS). Perubahan-perubahan ini pada awalnya tidak menimbulkan gejala tetapi dapat dideteksi dengan tes Pap smear.

Kanker serviks atau yang lebih dikenal dengan kanker mulut rahim/leher rahim ini memang menjadi pembunuh nomor 1 (satu) bagi perempuan di Indonesia dan seluruh dunia. Kanker serviks bukan permasalahan yang sepele dan dengan mudahnya diatasi.

Masalah yang timbul pada pasien kanker serviks dan upaya penanganannya.

Berikut ini adalah contoh masalah yang timbul pada penderita kanker serviks, serta bagaimanan upaya penanganannya.

Masalah

Upaya perawatan

Keluhan fisik seperti nyeri, sesak napas, gangguan pencernaan, infeksi saluran kemih, luka dekubitus, luka berbau, gangguan pada kulit dll. Penggunaan modalitas seperti operasi, radiasi dan kemoterapi. Untuk mengatasi nyeri digunakan obat anti nyeri. Keluarga juga dapat mengurangi keluhan yang ada misalnya relaksasi, pengaturan posisi dan penyesuaian lingkungan.
Masalah perawatan pasien – Perawatan pasien yang dapt dilakukan keluarga meliputi memandikan, merawat mulut, kulit, membantu buang air kecil/besar, dan melakukan pembalutan pada bagian tubuh yang membengkak.- Pada keadaan tertentu mungkin diperlukan pemakaian alat kedokteran misalnya oksigen penguap, kateter, selang hidung dsb.
Gangguan psikologis Lakukan komunikasi yang baik dengan pasien. Cipatakan suasana yang terbuka antara anggota keluarga dan melibatkan pasien pada setiap pengambilan keputusan.
Hendaya sosial yang meliputi berkurangnya rasa percaya diri, perubahan terhadap body image, perubahan peran dalam keluarga, pekerjaan dan masyarakat. Keluarga harus memahami keadaan pasien, menyamakan persepsi, dan membantu pasien agar tetap dapat berinteraksi dengan lingkungan sosialnya.
Masalah spiritual Keluarga dapat meminta tolong kepada rohaniawan

Bila kesembuhan tidak dapat lagi diusahakan, tugas kita adalah memberikan kenyamanan bagi pasien penderita kanker. Perawatan paliatif (penerang) pada pasien kanker serviks sudah saatnya menjadi bagian integral dalam penatalaksanaan penyakit. Selain peran intitusi kesehatan, kerterlibatan keluarga dan masyarakat sangat diperlukan agar layanan kesehatan bagi pasien kanker stadium lanjut dapat menjadi efektif dan efisien.

Cara Pemesanan Kapsul Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme)

Jual Kapsul Keladi Tikus Obat Herbal Tradisional Untuk Pengobatan Kanker, Tumor & Kista

Harga Keladi Tikus

Harga Keladi Tikus ( Typhonium Flagelliforme ) Obat Kanker Servik

Harga Kapsul Keladi Tikus 1 Botol isi 60 kapsul = Rp.115.000,-

(Untuk Pemakaian 10-20 Hari)

Paket HEMAT Setiap Beli 3 Botol GRATIS 1 Botol

Harga Paket Hemat Keladi Tikus ( Typhonium Flagelliforme ) Obat Kanker Servik

Paket HEMAT Setiap Beli 3 GRATIS 1 Total Rp.460.000 Jadi Rp.345.000

(Dapat 4 Botol dan Hemat Rp.115.000)

(Untuk Pemakaian 40-60 Hari)

Cara Pemesanan Cepat Kapsul Keladi Tikus:

SMS ke 0878-8856-6863, tuliskan : Pesan Kapsul Keladi Tikus, Jumlah Botol yang dipesan atau beli Paket Hemat 3botol gratis 1botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in kanker servik, kanker serviks, pencegahan kanker serviks, penyakit kanker serviks and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.