Pengobatan Penyakit Kanker Servik

Pengobatan Penyakit Kanker ServikPenyakit kanker serviks adalah suatu bentuk keganasan yang berawal dari sel-sel serviks atau leher rahim. Penyakit kanker serviks itu sendiri diawali dari lapisan serviks. Dan terjadinya kanker serviks juga tidak langsung mendadak datang, namun diawali dengan sangat perlahan. Pertama-tama beberapa sel normal yang berubah menjadi sel-sel prakanker, kemudian setelah itu berubah menjadi sel kanker. Dan perubahan yang terjadi ini dikenal dengan istilah displasia dan baisanya bisa terdeteksi jika melakukan papsmear.

Pengobatan Penyakit Kanker Servik

Ada tiga jenis pengobatan penyakit kanker servik yang harus dilakukan, yakni adalah operasi, radioterapi, dan kemoterapi. Dibawah ini akan kami jelaskan tentang pengobatan penyakit kanker servik adalah :

Pengobatan Penyakit Kanker Servik

Pengobatan Penyakit Kanker Servik

Operasi

Pengobatan penyakit kanker servik yang pertama adalah dengan tindakan operasi. Ada beberapa jenis operasi yang dapat dilakukan untuk mengobati penyakit kanker serviks, diantaranya adalah :

  1. Cryosurgery
    suatu probe mental yang didinginkan dengan menggunakan nitrogen cair yang akan dimasukkan lewat vagina dan juga leher rahim. Dan cara ini bekerja untuk membunuh sel-sel tidak normal dengan cara proses pembekuan. Dan tindakan ini biasanya digunakan untuk membantu mengobati penyakit kanker serviks yang hanya terjadi di leher rahim saja atau stadium 0, dan bukan penyakit kanker serviks yang sudah menyebar menuju keluar leher rahim.
  2. Bedah laser
    Tindakan ini dilakukan dengan cara menggunakan suat sinar laser yang digunakan untuk membakar sel-sel dan juga menghapus sebagian kecil dari jaringan sel rahim untuk bisa dipelajari. Dan proses pembedahan laser ini hanya bisa digunakan untuk pengobatan penyakit kanker serviks pra-invasif atau stadium 0.
  3. Konisasi
    Sepotong jaringan yang bentuknya kerucut yang akan diangkat dari leher rahim. Dan pemotongan ini dilakukan dengan cara menggunakan pisau bedah, laser dan juga menggunakan kawat tipis yang dpanaskan menggunakan listrik. Selain itu, pendekatan ini dapat digunakan untuk bisa menemukan dan juga mengobati penyakit kanker serbiks di tahap awal yakni tahap stadium 0-1.
  4. Histerektomi
    Pengobatan penyakit kanker serviks dengan menggunakan cara ini adalah mengangkat rahim. Namun tidak mencakup pada jaringan yang ada didekatnya. Dan vagina ataupun kelenjar getah bening panggul yang tidak diangkat. Selain itu juga rahim bisa diangkat dengan jalan operasi pada bagian depan perut atau juga lewat vagina.
  5. Trachelektomi
    Suatu prosedur yang dikenal dengan trachelektomi iradikal yang bisa membuat seorang wanita muda dengan resiko penyakit kanker stadium awal bisa diatasi dan masih bisa punya anak. Metode ini dilakukan dengan cara pengangkatan serviks dan juga dibagian atas vagina. Kemudian meletakannya dijahtian yang bentuknya kantong dan bertindak sebagai pembukaan leher rahim didalam rahim. Kelenjar getah bening yang letaknya berada didekatnya juga akan diangkat. Operasi ini dapat dilakukan lewat vagina dan juga perut.
  6. Ekstenterasi Panggul
    Selain mengambil semua bagian organ dan juga jaringan vagina dan perut, di operasi yang satu ini juga akan dilakukan pengangkatan pada kandung kemih, vagina, dubur, dan juga sebagian pada usus besar. operasi ini dapat dilakkan saat penyakit kanker serviks kambuh lagi setelah melakukan pengobatan yang sebelumnya. Dan diperlukan waktu selama 6 bulan atau lebih untuk bisa pulih dari operasi radikal ini. Tetapi, wanita yang pernah melakukan operasi ini masih bisa menjalani kehidupan dengan lebih bahagia dan bisa lebih produktif.

Radioterapi

Pengobatan penyakit kanker servik yang kedua dengan menjalani radioterapi. Pada pengobatan ini diteraokan lewat radiasi eksternal yang diberikan bersamaan dengan kemoterapi dosis rendah. Untuk jenis pengobatan menggunakan radiasi internal, zat aradioaktif yang dimasukkan ke dalam silinder didalam vagina. Dan terkadang, bahan radiaktif ini bisa ditempatkan didalam jarum tipis yang dimasukkan langsung ke daerah tumornya. Dan pengobatan implantasi menggunakan radioaktif dosis rendah dapat selesai dalam waktu beberapa hari saja dan selama pengobatan, pasien tetap harus berada dirumah sakit. Sementara itu, untuk jenis radioterapi dengan dosis tinggi, dilakukan dalam bentuk rawat jalan selama beberapa waktu. Untuk pada setiap sesi pengobatannya, maka bahan radioaktif yang dimasukkan ke dalam tumor selama beberapa waktu, setelah itu akan dikeluarkan lagi.

Kemoterapi

Pengobatan penyakit kanker serviks yang satu ini lebih terkenal dibandingkan yang lainnya. Kemoterapi adalah penggunaan obat-obatan yang bertujuan untuk menunuh sel-sel penyebab kanker. Dan biasanya obat-obatan ini diberikan lewat infus ke dalam pembuluh darah atau bis ajuga ke dalam mulut. Dan setelah obat masuk ke dalam aliran darah maka akan langsung menyebar ke seluruh tubuh. kadang, ada beberapa jenis obat yang diberikan dalam waktu 1 waktu.

Jika memang kesembuhan tidak dimungkinkan. Maka selanjutnya tujuan pengobatan yang dilakukan adala dengan jalan mengangkat dan juga menghancurkan sebanyak-banyaknya sel-sel kanker. Dan biasanya cara ini dilakukan pengibatan yang sifatnya adalah paliatif, dan ditujukan untuk membantu mengurangi gejala gejala kanker yang muncul.

Itulah informasi mengenai pengobatan penyakit kanker servik. Semoga informasi pengobatan penyakit kanker serviks ini bermanfaat bagi Anda semua yang membacanya. Terimakasih.

Pengobatan Penyakit Kanker Servik


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in kanker servik and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.